Selasa, 31 Maret 2015

Akibat Pasien TB Jarang Minum Obat - Dofollowdotkom.blogspot.com

Akibat Pasien TB Jarang Minum Obat - Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa disembuhkan jika pasien minum obat antituberkulosis secara teratur setidaknya 6 bulan. Sangat Disayangkan, tidak sedikit pasien yang tak tunduk minum obat sebab ketika pengobatan yang lumayan lama.


akibat pasien tb jarang minum obat

Akibatnya, mereka mengalami kekebalan pada obat anti tuberkulosis atau dinamakan multi drug resistant (TB MDR).


"Kita kini menghadapi TB resisten obat yang telah tak mampu lagi dihadapi obat biasa," jelas dokter spesialis paru Erlina Burhan dalam program Pulmonary Infection Symposia di Jakarta, Jumat (27/3/2015).


Pasien TB MDR mengalami resisten kepada minimal dua obat. Hasilnya, tidak sedikit pasien yang tak sembuh keseluruhan. Apabila telah terkena TB MDR pengobatan serta dapat makin lama, yakni mencapai 2 th.


Masalah tidak berakhir hingga di situ. Kalau pasien TB MDR kembali tidak taat minum obat, mereka mampu terkena extensively drug resistant atau TB XDR.


"Jika tak ditangani benar benar, bukan hanya memunculkan masalah medis, tetapi non medis. Non medis itu contohnya bosan, sampai kehilangan tugas dikarenakan mesti berobat terus menerus," lanjut Elrina.


Kepala Tubuh Penelitian & Pengembangan Kesehatan KEMENKES yang serta Guru Agung Fakultas Pulmonologi FKUI Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, tidak sedikit pasien TB yang cuma teratur berobat terhadap awal bulan.


TB MDR pun sanggup disebabkan oleh pengobatan yang tak cocok atau tidak searah standar & suplai obat yang tak senantiasa sedia. sekarang ini serta tengah dikembangkan obat teranyar buat pasien TB.


"Jadi apabila pasien diagnosis TB, habiskan obat sewaktu 6 bln walau dalam tempo dua hingga tiga bulan keluhannya telah hilang," kata Tjandra.


Jumlah penderita TB MDR di Indonesia cukup tinggi. Bersumber WHO global report 2013, Indonesia ada di posisi 8 dari 27 negara dengan penderita TB MDR teranyar di dunia. Seandainya tak serentak diatasi, TB dapat konsisten menular ke penduduk.


Sekian penjelasan yang diulas dari penulis tergaul.net, mudah-mudahan penjelasan di atas dapat mengingatkan kamu yang jarang minum obat. Bagi Kamu yang memilik pori pori besar bisa baca artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi artikel Akibat Pasien TB Jarang Minum Obat


  • Digg
  • Del.Icio.Us
  • Facebook
  • Stumble Upon
  • Twitter

♥♥Artikel Terkait♥♥

0 komentar:

.::EMOT KOMENTAR::.
:) :( ;) :)) ;;) =)) :X =(( :-* :p :-o x( :(( :-/ 8-} b-( ;)) :)] ~x( :-t :d

KomentarImage
.::♥Silahkan beri komentarnya♥::.